Selasa, 21 Juni 2016

Jaguar Amazon Ditembak Mati di Upacara Obor Olimpiade

Jaguar Amazon yang terancam punah dilibatkan di upacara obor Olimpiade Brasil. | (Reuters)

RIO DE JANEIRO - Seekor jaguar Amazon ditembak mati oleh seorang tentara dalam upacara obor Olimpiade di Brasil. Satwa langka ini ditembak mati karena melarikan diri saat upacara berlangsung.

Militer Brasil menyatakan jaguar Amazon tersebut melarikan diri dari penanganan. Jaguar ditembak dengan pistol.

“Kami membuat kesalahan dalam (upacara) obor Olimpiade, simbol perdamaian dan persatuan, untuk memamerkan satwa liar yang dirantai. Pemandangan ini bertentangan keyakinan kita dan nilai-nilai kita,” kata panitia lokal Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters, Rabu (22/6/2016).

“Kami menjamin bahwa tidak akan ada insiden seperti ini di Rio 2016,” lanjut panitia.

Jaguar yang dikenal di Brasil dengan sebutan Ginga sejatinya menjadi maskot dari tim Olimpiade Brasil.

Pembunuhan satwa langka ini memicu kemarahan di antara kelompok-kelompok pembela hak satwa. Mereka mempertanyakan mengapa satwa itu dilibatkan di acara Olimpiade.

”Kapan orang (dan lembaga) berhenti dengan kebutuhan sakit ini, untuk menunjukkan kekuasaan dan kontrol dengan membatasi, menjinakkan dan menampilkan hewan liar?" kata kelompok pembela hak-hak satwa Animal Freedom Union di halaman Facebook-nya.

Menurut International Union for Conservation of Nature, jaguar adalah spesies yang hampir punah di Uruguay dan El Salvador. Pemanfaatan jaguar dalam sebuah acara merupakan tindakan ilegal.

http://international.sindonews.com/read/1118733/42/jaguar-amazon-ditembak-mati-di-upacara-obor-olimpiade-1466566632

Tidak ada komentar:

Posting Komentar